Prototipe Sistem Trafficlight Cerdas Untuk Solusi Kemacetan Lalu Lintas

Prototipe Sistem Trafficlight Cerdas Untuk Solusi Kemacetan Lalu Lintas

(Sistem Transportasi Cerdas Selaras Kultur-Sosial Benua Maritim Indonesia)

Indrabayu; Nurtanio, Ingrid; Mayasari, Fitriyanti

Abstrak

Manajemen lalulintas yang baik adalah ketika berbagai perangkat berkenaan dengan transportasi dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat sekaligus menyelesaikan permasalahan dalam lalulintas itu sendiri. Traffic light di Kota Makassar, sama seperti traffic light pada umumnya, berfungsi untuk mengatur dan memperlancar arus lalulintas khususnya pada persimpangan dengan kondisi yang paling rawan terjadi kemacetan. Tetapi karena traffic light yang ada di Kota Makassar saat ini masih menggunakan system pengoperasian konvensional (perguliran waktu nyala lampu sudah ditentukan dan bersifat konstan), maka antrian kendaraan dan delay yang tinggi selalu terjadi di persimpangan hingga akhirnya menjadi pemicu kemacetan itu sendiri. Penelitian ini didukung oleh Departemen Perhubungan dengan melibatkan staf perhubungan yang juga merupakan mahasiswa di program studi informatika UNHAS. Intelligent Transportation System (ITS) menawarkan berbagai aplikasi untuk manajemen lalulintas bahkan untuk system pengaturan traffic light yaitu ATCS (Area Traffic Control System) yang jika diintegrasikan dengan logika penyesuaian waktu gulir untuk persimpangan dan komunikasi antar simpang maka akan menghasilkan system traffic light cerdas terdistribusi dalam bentuk traffic light cerdas yang dinamis dan otomatis sehingga kemacetan yang ditimbulkan di traffic light dapat dikurangi. Traffic light cerdas bekerja dengan masukan yang diperoleh dari kamera kemudian akan diproses dalam engine untuk mengetahui jumlah kendaraan dan klasifikasi kendaraan. Selanjutnya logika untuk penentuan lama nyala lampu akan menyesuaikan jumlah kendaraan dengan kebutuhan waktu tiap simpang untuk melewatkan kendaraan dalam antrian berdasarkan koordinasi antar traffic light di persimpangan tersebut sehingga output berupa lama nyala lampu di setiap persimpangan dapat terdistribusi dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang algoritma pendeteksi kendaraan (tahun pertama), merancang algoritma manajemen traffic (tahun kedua), dan merancang prototype system traffic light cerdas (tahun ketiga). Sistem ini telah diujicoba dan diimplementasikan secara real time pada pertigaan Tello, dari arah Jl. Perintis Kemerdekaan menuju Jl. Urip Sumoharjo, Makassar. Pemilihan lokasi ini didasarkan Karena pada titik ini merupakan salah satu titik kemacetan yang cukup parah di wilayah Makassar. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan akibat dari traffic light konvensional dimanapun penelitian ini dimplementasikan dan sesuai dengan kultur sosial budaya yang khas di Indonesia.